Kamis, 20 April 2017

Game Berjaringan/Online

Game Berjaringan/Online
Game Online adalah gabungan dari dua kata yang berasal dari bahasa inggris. Game artinya adalah permainan dan Online artinya adalah Daring (Dalam Jaringan). Jika dua kata ini digabungkan, maka akan terbentuk suatu makna baru yang tak jauh-jauh dari pengertian dasar kedua kata itu. Pengertian Game Online sebenarnya adalah sebuah jenis video permainan yang hanya dapat dijalankan apabila suatu perangkat yang digunakan untuk bermain game terhubung dengan jaringan internet.

Jadi, apabila seseorang yang ingin bermain game online maka perangkat yang ia miliki itu harus terhubung internet. Kalau tidak, maka besar kemungkinan game online itu tak dapat dimainkan. Game Online biasanya memungkinkan suatu pemain (player) game untuk saling terhubung dengan pemain lain. Sehingga hal itu juga memungkian ia dengan pemain lain saling berkontak, baik dalam bentuk permainan (seperti; pukul-memukul, tembak-menembak) ataupun berkirim pesan. Hal ini memang mirip seperti layanan jejaring sosial media.

Macam-Macam Game Online
Yang namanya game pasti memiliki macam-macamnya. Tapi yang dimaksud disini bukanlah tipe dari jalan cerita game itu, melainkan tipe dari program game online. Untuk saat ini, ada 2 tipe atau macam atau juga jenis game online, Anda bisa menyimaknya berikut ini.
-          Game Online Berbasis file offline Installer
Game online berbasis file installer maksudnya ialah sebuah program permainan yang dapat di instal di perangkat tanpa internet. Namun, untuk memainkannya, game ini diharuskan untuk mempunyai koneksi internet. Tujuannya adalah untuk menghubungkan pemain 1 ke server game lalu memprosesnya sehingga pemain 1 dapat terhubung dengan pemain lain yang juga melakukan hal sama. Dengan begitu, maka dimungkinkan terjadinya kontak antara satu pemain dengan pemain lain. Game tipe ini mempunyai kelebihan yang biasanya terletak pada kualitas grafik dan fitur yang cukup keren. Sementara kekurangannya, game tipe ini cenderung mengalami ngelag atau macet terlebih jika perangkat yang digunakan tak memiliki spesifikasi tinggi.
-          Game Online Berbasis Web
Game online berbasis web berbeda dengan yang sebelumnya. Jika sebelumnya memanfaatkan file installer, namun kali ini game online berbasis Web memanfaatkan browser atau peramban web seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Jadi, untuk memainkan game tipe ini seorang gamer hanya perlu membuka browser dan mengetik alamat url game online. Setelah itu kunjungi dan game pun dapat dimainkan tanpa harus menjalani proses instalasi. Kelebihan game tipe ini terletak pada penggunaannya yang mudah dan cepat. Akan tetapi untuk kekurangannya, game seperti biasanya memiliki grafik gambar yang cenderung kurang baik ketimbang game online berbasis file installer. Selain itu, jika koneksi internet lambat maka proses loading game online berbasis web akan jadi lamban.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar